Dr. I Ketut Gd. Darma Putra, Skom., MT. - Menemukan Arah Hidup Setelah Menjadi Dosen

Tidak semua orang mampu mengetahui apa arah hidupnya secara langsung. Demikian juga pada Dr. I Ketut Gd. Darma Putra, Skom.,MT, salah satu dosen di jurusan teknik elektro. Beliau mengaku baru menemukan arah hidup setelah menjalani pekerjaan sebagai seorang dosen.

“Saya menjadi dosen di Unud sekitar tahun 1999, awalnya saya tidak ada keinginan menjadi dosen, tapi selepas dari S1 ada bukaan program CTAB (Calon Tenaga Akademik Baru) di Unud. Dan syarat dari program tersebut, harus bersedia sekolah lagi di S2. Nah, akhirnya saya memilih pilihan ini,” ungkap Beliau. Selayaknya para sarjana yang baru lulus dari masa pendidikannya, Beliau juga sempat mengirimkan beberapa lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan. Dan akhirnya pilihannya jatuh pada pekerjaan sebagai dosen, setelah menempuh pendidikan S1 selama 4 tahun (1993 s/d 1997) di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya, jurusan Teknik Informatika. Berkat program CTAB inilah, Beliau berhasil menempuh pendidikan S2 di Teknik Elektro (Sistem Komputer dan Informatika) di UGM Yogyakarta pada tahun 1998. Kemudian mendapatkan gelar Magister Teknik dua tahun kemudian.


Ditanya mengenai suka dukanya menjadi dosen di Unud, Beliau menjawab, “Kalau dukanya, yah jauh dari rumah ke Unud,” Beliau mengatakan hal demikian karena tinggal di Mengwi Tani, Badung. “Tapi, disinilah saya menemukan arah hidup,” terang Beliau. Ya, Beliau mengungkapkan telah menemukan arah hidup setelah menjadi dosen karena bisa mewujudkan cita – cita luhur yang dimilikinya. “Menulis buku, merupakan idaman saya sejak lama dan baru terealisasikan sekarang, buku pertama saya berjudul ‘Sistem Geometrika’ yang diterbitkan oleh Andi Offset pada Februari 2009, dan sekarang bisa didapatkan di toko – toko buku terdekat,” jelas Beliau sambil berpromosi. Beliau mendapatkan beasiswa dari BPPS untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3, UGM merupakan pilihannya untuk menempuh S3 di Teknik Elektro (Image Processing / Biometrika). Dan yang lebih membanggakan lagi, Beliau berhasil mendapatkan predikat cumlaude karena mampu meraih gelar Doktor hanya dalam kurun waktu dua tahun saja. Dengan bidang keahlian di Sistem Cerdas, Image Processing, dan Teknologi Informasi.

Beliau juga ikut dalam pengembangan sistem SIMAK di Fakultas Teknik Universitas Udayana, ikut dalam tim kompetisi TPSDP, berhasil memperjuangkan pendirian Teknik Informatika di Fakultas Teknik Unud dan bergabung dalam tim pengembangan Teknik Informatika. Tidak hanya itu saja, Beliau juga sudah mengikuti kegiatan seminar baik itu nasional maupun internasional sebagai peserta, pembicara, panitia, dan pemakalah. Pernah juga menulis di jurnal akreditasi di tingkat Nasional.

Ditanya mengenai kesibukannya sekarang, saat ini Beliau sedang melakukan riset – riset pengembangan beberapa sistem informasi diantaranya di PDAM Tabanan yaitu membangun sistem informasi yang berbasiskan SMS, mengembangkan sistem informasi di Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Bali, serta mengelola sistem informai di lembaga pengkreditan di desa – desa, ada sekitar 6 LPD di Denpasar dan Tabanan, pernah juga ikut dalam riset Grant.
“Unud secara umum sudah lebih maju dibandingkan dulu, dari segi IT sudah lengkap, namun menurut saya, Unud Fakultas Teknik khususnya belum mampu menjadi ikon teknologi informasi. Maka harus terus berbenah diri lebih cepat supaya Unud bisa menjadi salah satu ikon kampus di nasional atau bahkan internasional di bidang teknologi informasi. Itu salah satu syarat supaya Unud bisa masuk di jajaran World Class University,” jawab Beliau ketika ditanya mengenai harapannya untuk Unud.

Terakhir, Beliau juga menambahkan kepada para mahasiswa, “Atmosfer akademik dikalangan mahasiswa harus ditingkatkan, perbanyak melakukan diskusi. Dan kejar terus materi yang disampaikan pada kegiatan kuliah, jangan berpatokan pada apa yang telah diberikan oleh dosen, karena hanya sedikit sekali ilmunya.” (nby)

Identitas:
I Ketut Gede Darma Putra
Mengwitani, 24 April 1974
Bali Biru Informatech, Pertigaan Mengwitani, Jl. Raya Denpasar-Tabanan, Badung, Bali, Indonesia, 80351
Email duglaire@yahoo.com

Publikasi/Karya Ilmiah:
  1. Pencarian Citra pada Basisdata Citra berskala besar dengan metode Wavelet Multiresolusi (Tesis S2 – UGM, 2000)
  2. Pencarian ciri-ciri citra dengan Wavelet Multiresolusi (Majalah Ilmiah Teknik Elektro UNUD,2003)
  3. Sistem Autentikasi Biometrik (Majalah Ilmiah Teknik Elektro UNUD,2004)
  4. Sistem Identifikasi Wajah dan Telapak Tangan dengan metode Wavelet Block Feature (Seminar Nasional Research Grant Yogyakarta, Feb 2004)
  5. Sistem Identifikasi Wajah dengan Metode Wavelet Block Feature (Majalah Ilmiah Teknik Elektro UNUD,2004)
  6. Binerisasi Citra Tangan dengan Metode Otsu (Majalah Ilmiah Teknik Elektro UNUD,2004)
  7. Sistem Identifikasi Telapak Tangan dengan memanfaatkan Alihragam Gelombang Singkat (Jurnal Akreditasi PAKAR UTY Jogjakarta, 2004)
  8. Sistem Verifikasi biometrika Telapak Tangan (Proseding UTY Jogjakarta, 2005)
  9. Biometric Palmprint Verification using Fractal Method (EECCIS conference, Univ. Brawijaya Malang, 2006)
  10. Biometrics Palmprint verification using fractal codes (RPCS Conference UTM, Malaysia 2006)
  11. Biometrics Palmprint verification using fractal codes and fractal dimension (8th IASTED Conference Hawai, 2006)
  12. Sistem Verifikasi Telapak Tangan menggunakan PIFS Code (Jurnal Akreditasi PAKAR UTY Februari 2007)
  13. Biometrics Palmprint Recognition using PIFS and Fractal Dimension (ICSIIT conference, Hard Rock Hotel, Bali July 2007)

1 komentar:

  1. "Sistem Biometrika" bkn "Sistem Geometrika"
    Salam Buat Pak Darma Putra

    BalasHapus